• Sabtu, 25 September 2021

Mencekam, Kawanan Gajah Liar Turun Gunung Teror Kampung

- Selasa, 7 September 2021 | 06:49 WIB
Kawanan Gajah liar turun gunung di Lampung Barat.
Kawanan Gajah liar turun gunung di Lampung Barat.

LAMPUNG - Bandar Negeri Suoh (BNS), Lampung Barat mencekam. Sekelompok Gajah liar turun gunung mengobrak abrik perkampungan, meneror warga dan merusak sejumlah rumah dan tanaman. Hampir setiap hari dan malam selama sebulan terakhir ini, warga dilanda ketakutan. 

Konflik gajah ngamuk yang terjadi di Kecamatan Suoh dan Bandarnegeri Suoh (BNS) Kabupaten Lampung Barat belum ada solusi. Aparat dan warga setempat masih menghadapi amukan gajah liar dengan semampunya.

Anggota DPRD Kabupaten Lampung Barat, Lambar Sugeng Hari Kinaryo Adi turut dalam upaya menggiring kawanan gajah menjauh ke hutan rimba, tidak lagi mendekati lahan garapan terlebih permukiman penduduk.

"Sepertinya kondisi persediaan makanan di sekitar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) yang menjadi habitat asli dari satwa berbelalai tersebut telah habis, sehingga mereka turun gunung masuk ke pemukiman," kata Lambar dihubungi via telepon oleh wartawan, Selasa (7/9/2021) pagi.

Menurutnya kawanan Gajah masih belum pergi ke dalam hutan hingga Senin (6/9/2021) malam. "Cukup lama warga menggiringnya, bahkan sudah hampir satu bulan ini," terangnya.

Rombongan gajah, lanjut lelaki yang tinggal di pemukiman Gajah ngamuk mengatakan bahwa selain merusak tanaman pisang, rombongan gajah ini juga sempat merusak sejumlah gubuk warga. Akibatnya aktifitas warga terganggu, terutama yang memiliki perkebunan di sekitar gajah-gajah itu turun.
Saat ini kawanan Gajah masih terlihat berada di Talang Peninjauan. Bahkan keberadaannya dapat terlihat secara update di daerah Way Tuwing melalui aplikasi GPS. (***)

Editor: Doni Ardon

Tags

Terkini

Langgar Ketentuan PPKM, Polisi Segel Kafe Dan Bar Tebet

Selasa, 21 September 2021 | 15:09 WIB

Percepatan Vaksin Jabar, Juga Dikebut Kuningan 

Selasa, 21 September 2021 | 06:04 WIB

Uji Coba Pengunjung Mall Usia 12 Tahun ke Bawah

Senin, 20 September 2021 | 21:42 WIB
X