• Sabtu, 25 September 2021

Dinilai Tingkatkan Ekonomi Daerah, DPRD Jabar Undang Asosiasi Terkait Pembahasan Raperda Desa Wisata

- Selasa, 7 September 2021 | 16:07 WIB

BANDUNG –Panitia Khusus (Pansus) V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) melakukan Rapat Dengar Pendapat dengan DPD Asosiasi Desa Wisata Indonesia (Asidewi) Jabar dan perangkat daerah untuk mendapatkan informasi terkait bahan pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Desa Wisata di Jabar.
Ketua Pansus V DPRD Provinsi Jawa Barat H. Sugianto Nangolah, SH., MH. Minggu (5/9/2021), mengatakan Raperda Desa Wisata ini harus menjadi perda yang memberikan nilai lebih bagi masyarakat desa wisata di Jabar.

“Kami dari Pansus V berusaha keras untuk menggali informasi dan komunikasi agar Perda Desa Wisata ini bisa terbentuk dan terlahir dengan sempurna,” kata Sugianto.

Baca Juga: DPD Sekretariat Bersama Wartawan Indonesia ( SWI ) Jember Resmi Terbentuk, Suyono Terpilih Sebagai Ketua

Pansus V DPRD Jabar, kata dia, dibantu oleh beberapa Asosiasi Desa Wisata dan perangkat daerah yang ada di Kabupaten Sumedang untuk bertukar pikiran dan informasi terkait dengan apa saja yang terjadi di lapangan, sehingga dapat menjadi acuan dalam pembentukan raperda ini.

Dengan adanya pembahasan mengenai raperda tersebut, Sugianto menuturkan pihaknya ingin memberikan produk politik terbaik bagi masyarakat Jawa Barat, dengan tujuan memperbaiki dan mengembangkan ekonomi serta kebudayaan desa di Jabar.

“Harapan kami dari Pansus V DPRD Provinsi Jawa Barat ingin ini menjadi persembahan terbaik bagi masyarakat khususnya masyarakat Jawa Barat, agar dapat berkembang baik secara ekonomi dan kebudayaan,” kata dia.

Sebelumnya, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Jabar memaparkan tentang rumusan-rumusan Raperda tentang Desa Wisata yang di dalamnya terdapat strategi untuk meningkatkan kapasitas sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitar desa wisata.

Baca Juga: Pemagangan Injection Molding : Saatnya Anak Muda Berkiprah Dunia Industri 

“Jadi melalui raperda ini diharapkan pemerintah provinsi memiliki payung hukum yang memadai untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia atau SDM, dan dalam pengelolaan desa wisata yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan adanya lapangan kerja dan lapangan usaha baru,” ujar Wakil Ketua Bapemperda DPRD Jabar Kusnadi.

Halaman:

Editor: Nenden Nur Himami

Tags

Terkini

Langgar Ketentuan PPKM, Polisi Segel Kafe Dan Bar Tebet

Selasa, 21 September 2021 | 15:09 WIB

Percepatan Vaksin Jabar, Juga Dikebut Kuningan 

Selasa, 21 September 2021 | 06:04 WIB

Uji Coba Pengunjung Mall Usia 12 Tahun ke Bawah

Senin, 20 September 2021 | 21:42 WIB
X