• Sabtu, 25 September 2021

Bakal Untung Besar, Petani Pebayuran Kab. Bekasi Terapkan Jual Beras Online

- Rabu, 8 September 2021 | 11:19 WIB

PEBAYURAN –Penjualan hasil panen pertanian di Kecamatan Pebayuran akan memasuki startup Agribsinis E-commerce. Para petani nantinya akan menjual hasil pertaniannya, berupa beras, melalui E-commerce atau Online.

“Jadi Pebayuran akan dijadikan salah satu project percontohan oleh pemerintah Provinsi Jabar untuk penerapan Teknologi E-commerce memasarkan hasil pertanian seperti beras agar masyarakat lebih mudah memasarkannya dengan jangkauan yang lebih luas,” jelas anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Faizal Hafan Farid saat mengadvokasi kegiatan pasca panen, bimbingan penanganan pasca panen Startup Agribisnis/E-commerce di desa Karangreja, Kecamatan Pebayuran pada Selasa (07/09/21).

Baca Juga: Aliansi Ormas Bekasi : Pemulihan Sungai Cilemahabang dan Citarum Jangan Sebatas Seremonial

Dalam acara tersebut, sebanyak lima kelompok tani diberikan sosialisasi mengenai teknologi online pemasaran hasil pertanian.

Kelompok tani ini dibimbing kurang lebih selama empat bulan agar memahami betul bagaimana cara menggunakan teknologi pemasaran online.

“Dan ini tidak mudah karena kebiasaan para petani menjual hasil pertaniannya seperti beras, secara langsung ke pembeli, sekarang mereka dikenalkan dengan Teknologi E-commerce untuk menjual berasnya,” jelasnya.

Faizal juga mencontohkan penjualan E-commerce ini sama seperti menjual produk melalui Toko Online Lazada, Shopee dan sejenisnya. “Bisa jadi nanti digandeng Lazada untuk memasarkan beras oleh kelompok tani di Pebayuran,” ujarnya.

Lanjutnya, Dengan E-commerce ini, banyak keuntungan yang akan dimiliki para petani di Kabupaten Bekasi. Selain memiliki pangsa pasar yang lebih luas, penjualan online ini juga akan meminimalisir adanya para tengkulak pembeli hasil panen para petani.

“Kalau dibeli tengkulak kan harganya murah, tetapi kalau petani menjualnya langsung berupa beras, ini akan lebih menguntungkan,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Nenden Nur Himami

Tags

Terkini

Langgar Ketentuan PPKM, Polisi Segel Kafe Dan Bar Tebet

Selasa, 21 September 2021 | 15:09 WIB

Percepatan Vaksin Jabar, Juga Dikebut Kuningan 

Selasa, 21 September 2021 | 06:04 WIB

Uji Coba Pengunjung Mall Usia 12 Tahun ke Bawah

Senin, 20 September 2021 | 21:42 WIB
X