• Sabtu, 25 September 2021

Sejumlah Perusahaan Bekasi Belum Bayar Retribusi IMB, DPMPTSP Ambil Langkah Tegas

- Kamis, 9 September 2021 | 07:10 WIB


Bekasi - Sedikitnya 55 Perusahaan di Kabupaten Bekasi Belum memegang Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), disebabkan masih berhutang pembayaran IMB kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi dengan total mencapai Rp. 5,2 milyar di tahun 2020.

Kasi Bidang Evaluasi, Informasi, dan Pengendalian, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kabupaten Bekasi, Masim, menjelaskan berkaitan penagihan retribusi IMB pihaknya menyurati melalui Email perusahaan dengan beralaskan sedang Pandemi Covid-19, untuk itu pihaknya belum menyerahkan IMB kepada perusahaan sebelum melunasi retribusi tersebut.

"Melalui email perusahaan itu juga nanti dikirim bentuknya surat pemberitahuan bahwa perusahaan saudara sampai saat ini belum Melunasi retribusi IMB, biasanya sih IMB masih disini, belum diberikan. Nah setelah dia nanti pembayaran atau melunasi retribusi baru IMB tersebut diserahkan," jelasnya kepada inijabar.com, Rabu, (08/09/2021).

Baca Juga: Berantas Satgas Saber Pungli, Pemkab Bekasi Terima Plakat Penghargaan

Lanjut dia membantah pihaknya merberikan ijin perusahaan untuk berhutang tetapi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, lalu diproses sehingga nanti IMB yang sudah jadi sebagai jaminan untuk pelunasan.

"Bukan bisa dihutang, tetapi ketentuannyakan berkas masuk kita proses nanti pada saat proses nanti ada namanya SKRD kan? Nah itu di sampaikan kepemohon (perusahaan). Nah nanti pas IMB sudah di tanda tangani nanti di barter dengan surat pelunasan retribusi itu. Retribusi di bayar baru di tanda tangani dan di serahkan," pungkasnya.

Perlu diketahui salah satu perusahaan PT Kimia Farma (Persero) belum membayar retribusi IMB senilai Rp1,3miliar.

Baca Juga: Sebut Kasus Suap Meikarta Belum Tuntas, LSM BIP Tagih Janji KPK

Selain itu, ada beberapa perusahaan yang juga belum membayar retribusi.

Padahal menurut Perda Nomor 10 Tahun 2013 tentang Izin mendirikan bangunan di Kabupaten Bekasi Pasal 5 berbunyi Setiap bangunan yang didirikan oleh perorangan atau badan hukum wajib memiliki Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dikeluarkan oleh Bupati atau OPD yang menerima pelimpahan kewenangan sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup). (***)

Halaman:

Editor: Nenden Nur Himami

Tags

Terkini

Langgar Ketentuan PPKM, Polisi Segel Kafe Dan Bar Tebet

Selasa, 21 September 2021 | 15:09 WIB

Percepatan Vaksin Jabar, Juga Dikebut Kuningan 

Selasa, 21 September 2021 | 06:04 WIB

Uji Coba Pengunjung Mall Usia 12 Tahun ke Bawah

Senin, 20 September 2021 | 21:42 WIB
X