• Sabtu, 25 September 2021

Terungkap, Penyelundupan 48 Unit Motor Kredit Di Cirebon

- Kamis, 9 September 2021 | 14:44 WIB

CIREBON Kota - Kepolisian Resor (Polres) Cirebon Kota, Polda Jawa Barat, berhasil mengungkap dugaan penyelundupan 48 unit kendaraan roda dua (R2) yang proses pembeliannya masih dalam masa kredit.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Imron Ermawan, dalam jumpa pers di Mako Polres Cirebon Kota Jalan Veteran No. 5 Kota Cirebon, Rabu (08/09/21) mengatakan, terbongkarnya kasus ini berawal dari tiga laporan pengaduan yang masuk ke Unit Tipidter Polres Cirebon Kota.

Ipda Rudiana, SH selaku Kanit Tipidter Reskrim Polres Cirebon Kota menerangkan pengungkapan kasus penyelundupan kendaraan bermotor roda dua bermula atas laporan dari Arief Eska Nugraha tanggal 03 September 2021 dan PT. Mandiri Utama Finance dan tanggal 04 September 2021 Teguh Aji Prasetyo dan PT. Adira Dinamika Multi Finance atas nama Franciscus Xaverius Bangun Prakoso.

“Dari laporan yang masuk ke Unit Tipidter dan keterangan dari dua orang pelaku yang berhasil diamankan diketahui (KRS) menggunakan modus operandi dengan menggunakan identitas palsu dalam proses kredit pembelian motornya dan langsung dipindah tangankan ke tersangka (S). Tersangka (S) kemudian membeli dari (KRS) kendaraan yang hanya dilengkapi dengan surat jalan dari dealer dan atau hanya surat tanda nomor kendaraan bermotor saja dari beberapa wilayah di Pulau Jawa sejak Februari 2021,” ungkap Kapolres Cirebon Kota AKBP Imron Ermawan, Rabu (8/9/2021).

Baca Juga: Bawa Uang Ratusan Juta dan Emas 1/4 Kg, Kakek Tuna Rungu ini Mendadak Viral

Lanjutnya, oleh tersangka kendaraan dikumpulkan di tempat kejadian di 3 lokasi berbeda antara lain di satu gudang di Jalan Jenderal Sudirman, Desa Ciperna, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon. Lokasi kedua di Kantor PT. Adira Dinamika Multi Finance Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kota Cirebon. Lokasi ketiga di Kantor PT. Mandiri Utama Finance Jalan Dr. Cipto Mangunkusomo, Komplek CSB Mall, Ruko Gold Sunsite No. 12A Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, kemudian dikirimkan ke Daerah Jakarta.

“Dari hasil pengembangan penyidikan Satreskrim Polres Cirebon Kota, selain 2 (dua) orang pelaku yang diamanakan masih ada 3 (tiga) orang lainnya menjadi DPO dan akan terus dilakukan pengejaran guna penyelidikan lebih lanjut,” pungkas AKBP Imron Ermawan.
Sedangkan, Wakapolres Cirebon Kota Kompol Ahmat Troy Aprio, menambahkan, melalui Satreskrim mengungkap dua orang tersangka yang berhasil diamankan selama ini telah menyelundupkan 48 unit motor berbagai jenis yang rencananya akan dikirim ke luar negeri melalui Cikupa Tangerang, yang semuanya dibeli secara kredit menggunakan identitas palsu.

“Dari kasus ini kami kembangkan penyelidikan kasus ini yang pertama diungkap oleh Polri di wilayah hukum Polres Cirebon Kota Polda Jawa Barat. Kami menduga ada banyak pihak lainnya terlibat terkait motor yang masih dalam masa kredit yang kemungkinan dimainkan oleh para debitur dengan tidak membayar angsurannya dan berniat menyelundupkannya ke luar negeri melalui jalur Cikupa Tangerang,” jelasnya.

Kasat Reskrim Polres Cirebon Kota, AKP I Putu Hasti Hermawan, menjelaskan, pihaknya telah berhasil mengamankan 48 motor berbagai merk yang masih dalam masa kredit yang diduga akan diselundupkan ke luar negeri melalui Cikupa Tangerang, dengan para pelaku debitur yang berbeda-beda.

Halaman:

Editor: Nenden Nur Himami

Tags

Terkini

Langgar Ketentuan PPKM, Polisi Segel Kafe Dan Bar Tebet

Selasa, 21 September 2021 | 15:09 WIB

Percepatan Vaksin Jabar, Juga Dikebut Kuningan 

Selasa, 21 September 2021 | 06:04 WIB

Uji Coba Pengunjung Mall Usia 12 Tahun ke Bawah

Senin, 20 September 2021 | 21:42 WIB
X