• Sabtu, 25 September 2021

Dani Ramdan Berhasil Merubah Sungai Cilemahabang Menjadi Bersih Kembali

- Jumat, 10 September 2021 | 07:39 WIB
Kondisi sungai Cilemahabang, Kabupaten Bekasi, sebelum dan sesudah dilakukan sidak oleh Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan.
Kondisi sungai Cilemahabang, Kabupaten Bekasi, sebelum dan sesudah dilakukan sidak oleh Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan atau biasa dipanggil 'Pak Peje' berhasil menormalkan kembali Sungai Cilemahabang yang sebelumnya tercemar akibat limbah pabrik.

Aroma tanah yang menyeruap setelah diguyur gerimis, desahan dedaunan pohon pisang yang saling bersentuhan, serta bunyi "krook, krook krook…" yang saling menyaut dari mulut belasan Kodok langsung menyergap saat saya melangkah pelan ke pintu air 7 Sungai Cilemahabang yang berdekatan dengan rumah mantan Bupati Bekasi, almarhum H. Eka Supria Atmaja.

Pemandangan ini berbeda dari biasanya. Bisa dikatakan jauh berbeda. 

Dasawarsa yang lalu, jika kita melintasi bantaran sungai Cilemahabang di Desa Waluya Kecamatan Cikarang Utara, aroma busuk serta merta langsung menusuk hidung. Aroma tidak sedap itu berasal dari sungai Cilemahabang yang berada di sepanjang jalan dekat tempat tinggal Bupati almarhum H. Eka Supria Atmaja yakni di Desa Waluya Kecamatan Cikarang Utara.

Baca Juga: Limbah B3 Cemari Saluran Air di Waringin Jaya, Diduga Berasal dari PT WBJSI

Kurang ajar memang para pelaku pencemaran limbah ini. Bahkan dekat rumah tinggal orang nomor 1 di Kabupaten Bekasi sekalipun, secara terang-terangan berani mencemarkan sungai Cilemahabang.

"Sungai Cilemahabang lebih dulu menghitam di Desa Jayamukti Kecamatan Cikarang Pusat, kemudian mengalir memasuki empat desa di Kecamatan Cikarang Utara yakni Mekarmukti, Karangharja, Karangasih, hingga Desa Waluya. Dan kini sudah sampai Desa Sukaraya, Kecamatan Karang Bahagia," kata mantan anggota DPRD Kabupaten Bekasi, alm. Imam Hambali dalam sebuah penyisiran sungai tercemar limbah pabrik, dua tahunan lalu.  

Kala itu, ia langsung mendesak Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk segera bertindak mengatasi masalah pencemaran sungai.

Baca Juga: Limbah yang Mencemari Sungai Ciherang Harus Ditangani

Halaman:

Editor: Doni Ardon

Tags

Terkini

Langgar Ketentuan PPKM, Polisi Segel Kafe Dan Bar Tebet

Selasa, 21 September 2021 | 15:09 WIB

Percepatan Vaksin Jabar, Juga Dikebut Kuningan 

Selasa, 21 September 2021 | 06:04 WIB

Uji Coba Pengunjung Mall Usia 12 Tahun ke Bawah

Senin, 20 September 2021 | 21:42 WIB
X