Penjabat Bupati Bekasi Beri Sinyal Pembangunan Gereja di Cikarang

- Sabtu, 18 September 2021 | 15:23 WIB
Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan (Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan)
Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan (Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan)

Mitranews.net - Rencana pembangunan gereja Katolik warga di Cikarang akhirnya mendapat titik temu. Setelah hampir 14 tahun terkendala, perizinan gereja yang akan dibangun di kawasan Lippo ini mendapat lampu hijau.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mempertemukan sejumlah pihak terkait pembangunan gereja, mulai dari warga yang mengusulkan hingga perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Ruang Rapat Bupati, Kamis (16/09). Hasil dari rapat tersebut, seluruh pihak membuka jalan pembangunan gereja.

"Dari berbagai persoalan hanya mengerucut ke masalah teknis. Karena ini perjalanan panjang ya dan lebih dari 12 tahun, nah permasalahan teknis itu tadi dibahas dan sudah menemukan titik temu," kata Pejabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan.

Baca Juga: Kabupaten Bekasi, Daerah Penerima Investasi Tertinggi di Indonesia

Lahan yang dipersiapkan untuk pembangunan gereja itu, berdasarkan perencanaan dari pihak Lippo masuk dalam kawasan komersial. Sementara berdasarkan perundang-undangan, pembangunan gereja di perumahan harus berada di tanah fasilitas sosial.

"Kalau di kawasan itu memang harus mutlak di tanah fasos, kecuali kalau di perkampungan. Kalau di perkampungan kan enggak ada side plan-blok plan jadi bisa saja di tanah wakaf dibangun tempat ibadah, tapi kalau di kawasan baik di kawasan pemukiman yang sudah diatur oleh perundang-undangan itu harus di area-area fasos. Nah solusinya mengajukan permohonan perubahan status blok yang dia akan beli itu seluas 7.500 m persegi itu yang tadinya kawasan komersial menjadi kawasan fasos, itu bisa," papar Dani.

Namun, pengajuan permohonan harus dilakukan pihak pengembang ke pemda. Selanjutnya pemda mengabulkan permohonan tersebut hingga izin pembangunan tempat ibadah dapat diterbitkan.

"Jadi kami memastikan antara gereja dengan Lippo ini sepakat bahwa ini bisa diubah menjadi kawasan fasos dan kami janjikan kalau ini cepat, bisa seminggu, di kami juga seminggu bisa melakukan perubahan," ucap Dani.

Baca Juga: Pemkab Bekasi Kejar Target Tuntaskan 80 Persen Vaksinasi Oktober 2021

Halaman:

Editor: Teti Lestari

Tags

Terkini

X