• Sabtu, 25 Juni 2022

Inilah Gejala Baru Omicron yang Dilaporkan Pasien Saat Isolasi

- Rabu, 16 Februari 2022 | 15:03 WIB
gejala tidak biasa yang turut dikeluhkan oleh pasien Omicron.
gejala tidak biasa yang turut dikeluhkan oleh pasien Omicron.

Mitranews.net -Mengingat varian Omicron bergerak secara berbeda dari varian lainnya, memunculkan kekhawatiran akan gejala bervariasi dari pasien yang terpapar infeksinya.

Meskipun mayoritas pasien melaporkan gejala seperti pilek ringan atau lebih parah, terdapat setidaknya tiga gejala tidak biasa yang turut dikeluhkan oleh pasien Omicron.

Pakar penyakit menular terkemuka Organisasi Kesehatan Masyarakat (WHO) Dr Maria Van Kerkhove menyampaikan, orang yang terinfeksi Omicron dapat mempunyai berbagai gejala, tapi ada yang sama sekali tidak menunjukkan gejala tertentu.

Baca Juga: Tips Cegah Anak Kena Omicron, perhatikan!

Beberapa orang dapat mengembangkan penyakit parah, bahkan varian terbaru yang masuk daftar variant of concern (VoC) WHO ini juga sudah menimbulkan kematian.

“Rata-rata kita tahu bahwa risiko rawat inap lebih rendah jika terinfeksi Omicron dibandingkan Delta. Tapi ini tidak berarti Omicron merupakan penyakit ringan,” ujar Van Kerkhove seperti dikutip dari Live Mint, Rabu (16/2/2022).

Menurutnya, selama gelombang Omicron, kematian selama 5 minggu berturut-turut mengalami peningkatan.

Apa saja gejala baru Omicron yang dilaporkan?

Sebuah studi oleh aplikasi pelacak Zoe COVID yang berbasis di Inggris, gejala yang paling banyak dilaporkan untuk mayoritas pasien Omicron antara lain pilek, sakit tenggorokan, nyeri tubuh yang parah, kelelahan, dan sakit kepala parah.

Halaman:

Editor: Nurhasanah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X