• Sabtu, 25 Juni 2022

Wakil Bupati Melawi Secara Resmi Buka Bimtek Penerapan Aplikasi Srikandi

- Rabu, 22 Juni 2022 | 23:23 WIB
Foto saat Wakil Bupati Melawi, Drs Kluisen di Acara Bimtek Penerapan Aplikasi Srikandi  (MITRANEWS.NET)
Foto saat Wakil Bupati Melawi, Drs Kluisen di Acara Bimtek Penerapan Aplikasi Srikandi (MITRANEWS.NET)


MITRANEWS.NET - Wakil Bupati Melawi, Drs. Kluisen membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Penerapan Aplikasi SRIKANDI di Hotel Nite & Day Nanga Pinoh, Rabu (22/06/2022).

Turut hadir pada kegiatan tersebut narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, serta para peserta bimtek dari seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Melawi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Melawi, Paulus, S.E, M.AP dalam laporannya mengatakan bimtek tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan arsip dalam rangka mewujudkan Good Goverment. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 60 orang yang merupakan perwakilan dari seluruh OPD di Kabupaten Melawi.

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat terciptanya birokrasi pemerintah yang modern dengan tata kelola arsip berbasis teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan Perangkat Daerah Kabupaten Melawi,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Melawi dalam arahannya menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu usaha untuk menjalankan peraturan presiden tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik yang bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel, melalui pengelolaan arsip yang berkualitas dan terpercaya, dan arsip yang tercipta dan dikelola dalam SPBE akan lebih optimal dalam melindungi kepentingan hak keperdataan rakyat.

Baca Juga: Buka Pekan Perkauan ke-48 GKII Tanah Pinoh, Wabup Melawi: Peranan Perempuan Bagi Bangsa Tidak Dapat Diabaikan

“Melalui aplikasi SRIKANDI ini segala keperluan administrasi seperti surat menyurat, undangan, pengajuan hingga surat keputusan akan berbentuk digital, sehingga mempermudah komunikasi dan koordinasi antar instansi dan pemerintah,” ungkapnya.

Wakil Bupati juga mengatakan Aplikasi Srikandi akan memudahkan akses informasi kearsipan yang diperlukan oleh publik, serta semakin meningkatkan kinerja aparatur yang lebih optimal dalam mencapai target organisasi serta mendukung upaya penghematan kertas.

“Penghematan kertas selain untuk mengurangi pengeluaran terhadap ATK juga membantu dalam pelestarian lingkungan hidup, dengan langkah kecil kita bisa melindungi bumi ini,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Didik Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X