• Sabtu, 25 Juni 2022

PMK Meluas Pemerintah Bentuk Satgas

- Kamis, 23 Juni 2022 | 14:55 WIB
Menko Ekon Airlangga Hartarto bersama Kepala BNPB Suharyanto saat memberikan keterangan pers, di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Kamis 23 Juni 2022. (Foto : Humas Setkab/Agung)
Menko Ekon Airlangga Hartarto bersama Kepala BNPB Suharyanto saat memberikan keterangan pers, di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Kamis 23 Juni 2022. (Foto : Humas Setkab/Agung)

MITRANEWS.NET - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak penyebarannya kini semakin meluas di Indonesia.

Menyikapi hal itu, Pemerintah akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk menanggulangi PMK yang saat ini secara luas menyerang hewan ternak.

Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)   ini akan diketuai oleh Kepala Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB).

Baca Juga: 8 Lembaga Sepakat Teken Pedoman Sistem Peradilan Pidana Terpadu Berbasis Teknologi Informasi

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto usai mengikuti rapat perkembangan dan penanganan kasus PMK, yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis 23 Juni 2022.

“Bapak Presiden sudah menyetujui struktur Satgas Penanganan PMK yang nanti akan dipimpin oleh Kepala BNPB,” ujar Airlangga.


Dalam pelaksanaan tugasnya, Ketua Satgas akan dibantu oleh wakilnya, yaitu Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen Peternakan dan Keswan) Kementerian Pertanian, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah (Dirjen Bina Bangda) Kementerian Dalam Negeri, Deputi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, serta Asisten Operasi (Asops) Kapolri dan Asops Panglima TNI.

Baca Juga: Wali Kota Solo Inginkan Asean Para Games 2022 Jadi Ajang Untuk Mendongkrak Budaya Solo di Pentas Dunia


“Wakilnya antara lain dari Dirjen Peternakan, kemudian Dirjen Bina Bangda Kemendagri, dari Deputi Kemenko, Asops Kapolri dan Panglima TNI. Struktur ini mirror dengan penanganan COVID-19,” katanya.

Halaman:

Editor: Hedy Herdyanto

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X