• Kamis, 18 Agustus 2022

Pembangunan Turaf Drainase Dusun Campea Desa Kampung Sawah Di Duga Proyek Siluman Tak Sertakan Papan Informasi

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:32 WIB
Pembangunan Turap Drainase (Mitranews.net)
Pembangunan Turap Drainase (Mitranews.net)

MITRANEWS.NET - Karawang, Pelaksanaan Pembangunan Drainase (TPT) yang di laksakanakan di Dusun Campea Rt 08/03 Desa Kampung sawah Kecamatan Jayakerta Di Duga Bodong. Pasalnya di lokasi proyek tersebut tidak di temukan papan informasi sebagai mana yang telah di tetapkan oleh aturan dinas terkait. Sabtu (26/06/2022)

Guna mempermudah warganya dalam akses saluran tersier dan mencegah nya banjir di masa musim penghujan pemerintah Kabupaten Karawang kembali realisasikan program pembangunan dan salah satu nya program Drainase (TPT) yang berlokasi di Dusun campea desa kampung sawah.

Namun sangat di sayangkan proyek dengan nilai anggaran cukup besar tersebut di duga asal jadi tidak sesuai dengan speck dan RAB proyek drainase (TPT), dengan lebar pondasi bawah 25 cm ketinggian 60 cm di tambah lebar 30 cm lemah tanpa pengawasan dinas terkait dan di duga jadi ajang bancakan.

Pengerjaan Drainase (Mitranews.net)

Seperti yang di ungkapkan (AY), warga setempat mengatakan, niat pemerintah mungkin bagus. Tapi kalau dengan seperti itu pembangunan nya gimana.gada papan informasi, itu dana dari APBD atau dari mana anggarannya.

"Kalau gada papan infirmasi gimana warga bisa tau anggran tersebut dari dinas mana nya di perparah lebar pondasi bawah hanya 25 cm. Monitoring dong pembangunan tersebut jangan sampai di lepas begitu aja ini proyek pemerintah apa proyek siluman", ujar (AY).

Lebih Lanjut (AY) mengatakan, perihal pembangunan proyek drainase (TPT), di dusun Campea, saya minta kepada dinas terkait dan pihak pemborong transfaransinya, jangan maen petak umpet seperti itu.

Itu uang negara masyarakat berhak tau padahal jelas tertulis dalam UU (KIP) no 14 tahun 2008, tentang keterbukaan informasi Publik (KIP) yang menegaskan sebagaimana yang tertuang dalam pasal 28 F UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang menyebutkan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, dan menyimpan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia dan sesuai dengan yang tertuang di dalam pasal 82 UU No 6 tahun 2014 tentang hak masyarakat desa.

"Masyarakat desa berhak mendapatkan informasi mengenai rencana dan pelaksanaan pembangunan desa", ujar (AY).

Halaman:

Editor: Ida Mulyani

Sumber: Mitranews.net

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sindo Express

Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:32 WIB

Polda Kalbar Gelar Upacara HUT RI Ke-77

Rabu, 17 Agustus 2022 | 17:46 WIB
X