• Sabtu, 26 November 2022

Mendagri Pimpin Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Pulau Rote

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 17:29 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memimpin sekaligus menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (Mitranews.net)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memimpin sekaligus menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (Mitranews.net)

MITRANEWS.NET, - Rote Ndao – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memimpin sekaligus menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Nembrala Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (17/8/2022).

Saat memimpin upacara, Mendagri mengenakan pakaian adat suku Rote. Mendagri mengenakan Ti’i Langga yang merupakan penutup kepala yang terbuat dari lontar, serta kemeja putih dengan dibalut kain tenun khas Rote Ndao yang merupakan hasil karya intelektual Perempuan Rote Ndao.

Dalam amanatnya, Mendagri menekankan bahwa pelaksanaan upacara peringatan HUT RI hendaknya tidak dimaknai sebagai kegiatan ritual dan seremonial semata. Namun, kegiatan itu mesti dihayati sebagai peringatan atas peristiwa penting, yang merupakan fondasi berdirinya bangsa Indonesia.

Baca Juga: Kades Karyamulya H. Alex Sukardi, SH. Hadiri Langsung Gebyar Vaksinasi

Menurut Mendagri, naskah proklamasi bangsa Indonesia yang dibacakan pada 17 Agustus 1945 di Gedung Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta oleh Soekarno-Hatta menjadi dasar lahirnya Indonesia. Peristiwa itu, tambah dia, hendaknya dapat menjadi dasar yang kuat untuk semakin memperkokoh bangsa Indonesia.

“Dengan adanya kegiatan-kegiatan, seperti ini maka (kita dan generasi muda) akan terus diingatkan kepada sejarahnya. Dan dari sejarah itu ikut merawat dan membesarkan bangunan dan pohon itu agar terus tumbuh berkembang menjadi rumah kita bersama  yang kuat,” ujar Mendagri.

Mendagri menambahkan, pelaksanaan upacara HUT ke-77 RI di Pulau Rote merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Presiden Jokowi telah memerintahkan sebagian menteri untuk melaksanakan upacara tidak di Istana Negara, melainkan di beberapa daerah di tanah air. Karena itulah, dengan pertimbangan matang, Mendagri memilih Pulau Rote untuk melangsungkan upacara.

Baca Juga: Kofifah Mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP)

Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Nembrala Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) (Mitranews.net)

Halaman:

Editor: Muzer

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Faizal Hafan Farid: PKS Sudah Membuka Posko di Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 07:51 WIB
X