Masih Bingung Menghitung Target Suara sebagai Anggota Legislatif? Begini Caranya..

- Minggu, 22 Januari 2023 | 19:19 WIB
Cara menghitung perolehan kursi dari perolehan suara partai politik dan caleg berdasarkan sistem Pemilu 2019. (Mitranews.net)
Cara menghitung perolehan kursi dari perolehan suara partai politik dan caleg berdasarkan sistem Pemilu 2019. (Mitranews.net)

 

MITRANEWS.NET - Perdebatan soal sistem pemilu proporsional terbuka dan sistem proporsional tertutup kian memanas.

Perdebatan bermula dari gugatan sejumlah warga ke Mahkamah Konstitusi (MK) agar sistem pemilu di Indonesia dapat diganti dari proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup.

Jika MK mengabulkan gugatan pemohon, maka Pemilu 2024 bisa saja menerapkan sistem proporsional tertutup. Kalau ditolak, maka masih tetap (proporsional) terbuka.

Baca Juga: Sosok Milenial Teti Lestari Daftar Calon Anggota DPRD Kabupaten Bekasi dari PKS

Terlepas itu semua, tak ada salahnya kita mengulas mekanisme penghitungan perolehan kursi baik di DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten atau Kota saat Pemilu 2019 lalu.

Pada tahun itu, penentuan kursi menggunakan metode Saint League Murni, yaitu metode penghitungan suara yang menggunakan angka pembagi untuk mengalokasikan kursi yang diperoleh setiap partai politik dalam sebuah dapil.

Angka yang digunakan untuk pembagi adalah angka ganjil, yaitu 1,3,5,7 dan seterusnya.

Jumlah suara yang telah dibagi oleh angka ganjil tersebut akan diperingkatkan untuk menentukan siapa saja partai politik dan caleg yang berhak mendapatkan kursi.

Secara regulasi ini tertera dalam Pasal 415 (2) Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

Halaman:

Editor: Doni Ardon

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X