Amankan Pembersihan Lahan HGU, Satpam PTPN III dan Penggarap Bentrok

- Kamis, 26 Januari 2023 | 17:11 WIB
Bentrok terjadi antara Satuan Pengaman (Satpam) PTPN III dengan warga dari kelompok penggarap lahan di areal HGU PTPN III (mitranews.net)
Bentrok terjadi antara Satuan Pengaman (Satpam) PTPN III dengan warga dari kelompok penggarap lahan di areal HGU PTPN III (mitranews.net)

MITRANEWS.NET - PEMATANGSIANTAR - bentrok terjadi antara Satuan Pengaman (satpam) PTPN III dengan warga dari kelompok penggarap lahan di areal HGU PTPN III Kebun Bangun yang terletak di Kelurahan Gurilla, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Siantar, Sumatera Utara, Rabu (25/01/2023).

Antara kelompok penggarap dengan sejumlah satpam PTPN III terlibat aksi saling lempar. Bahkan ketika itu, disebut, ada satpam yang disiram bensin jenis pertalite. Aksi saling lempar itu terjadi sekira pukul 11.00  WIB. 

"Ini ada yang disiram pertalite," ucap Papam Kebun Bangun Distrik 1 Serdang, Mayor Purn TNI Dwi Suwarno, sambil menghunjuk rekannya yang ia sebut disiram bensin. 

Baca Juga: Diduga Pungli PTSL, Oknum Perangkat Desa Kertamulya Dilaporkan

Dampak bentrok, bagian kepala belakang seorang satpam terkena lemparan batu. Dan kaca pada alat berat milik PTPN III, pecah. Sedangkan dari pihak penggarap belum diterima informasi terkait dampak dari aksi saling lempar tersebut.

Sore tadi, tampak sejumlah satpam dan karyawan PTPN III berada di Polres Siantar. Kabarnya, satpam dan karyawan itu sedang membuat pengaduan resmi ke Polres Siantar. Baik tentang pelemparan, maupun tentang kerusakan alat berat.

Asisten Personalia PTPN III Kebun Bangun, Doni Manurung mengatakan, belakangan ini pihaknya sedang melakukan aktivitas pembersihan lahan dari tumbuhan selain tanaman kelapa sawit di Afdeling IV Kebun Bangun, Kelurahan Gurilla.

Baca Juga: Danpos TNI AL Selayar Angkat Bicara Sikapi Fenomena Perubahan Warna dan Aroma Air Laut

Pembersihan dilakukan, agar tanaman kelapa sawit dapat tumbuh subur. Hanya saja, ketika pembersihan lahan dilakukan, kata Doni, satpam dan karyawan PTPN III tidak jarang mendapat gangguan dan penghadangan dari kelompok penggarap.

 kelompok penggarap dengan sejumlah Satpam PTPN III terlibat aksi saling lempar
kelompok penggarap dengan sejumlah Satpam PTPN III terlibat aksi saling lempar (mitranews.net)

"Dalam pekerjaan di lapangan, rekan-rekan kami dari PTPN III mendapat gangguan, penghadangan dari masyarakat yang masih tinggal di lokasi. Padahal kita tidak sedikitpun mengganggu tempat tinggal mereka," ujar Doni Manurung.

Ungkap Doni, kelompok penggarap berusaha memancing emosi dari para satpam. Dengan berupaya menduduki alat berat yang sedang melakukan pembersihan lahan. Dengan kondisi sperti itu, membuat satpam untuk melakukan pengamanan terhadap alat berat.

Baca Juga: AHY Contohkan SBY dan Sjachroedin ZP, Beda Warna Politik Tidak Mengurangi Persahabatan

"Dalam video yang viral, mereka tampak jelas, mereka berupaya menduduki alat berat. Anggota pengamanan mencoba menghadang mereka agar tidak menduduki alat berat. Tujuan pengamanan, disamping untuk pengamanan, juga agar tidak ada yang terluka. Tapi mereka terkesan sengaja untuk membuat keributan di lapangan," papar Doni Manurung.

Halaman:

Editor: Muzer

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X