• Sabtu, 25 September 2021

Lapas 1 Tangerang Overload, Idealnya Diisi 600 Napi

- Sabtu, 11 September 2021 | 09:12 WIB
Kondisi lapas 1 Tangerang sebelum terjadinya insiden kebakaran.
Kondisi lapas 1 Tangerang sebelum terjadinya insiden kebakaran.

JAKARTA : Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Rika Aprianti menyebutkan Lapas 1 Tangerang overloud melebihi kapasitas. Idealnya lapas diisi maksimal 600 orang.

Demikian disampaikan Rika dalam kunjungannya ke Lapas Tangerang, Jumat (10/9) kemarin.

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), kata dia, memastikan renovasi terhadap Blok C Lapas Kelas 1 Tangerang yang terbakar pada Rabu, 08 September 2021 dini hari WIB akan segera dilakukan. 

Baca Juga: Menhumham : Kebakaran Lapas Tanggerang, Korban Selamatkan Dulu

"Pak Menteri sudah sampaikan jika Kemenkumham telah membentuk tim diantaranya pemulihan fisik dan penanganan napi yang luka serta meninggal dunia. Berarti proses renovasi juga dilakukan," ujar Rika.

Dijelaskannya, Lapas 1 Tangerang saat ini diisi sebanyak 2.069 orang. "Di Blok C yang idealnya diisi 38 orang, namun saat kejadian ada 122 orang, ini perlu dievaluasi. Makanya renovasi akan segera dilakukan," ujar Rika. 

Kemenkumham, sambung dia, terus menjaga suasana kondusif di Lapas Tangerang pasca insiden kebakaran tersebut. Salah satunya p
emberian pengobatan kepada napi yang luka serta penanganan trauma. 

Baca Juga: Cegah Pungli, Satgas Saber Pungli Pantau Ketat Pelayanan Publik Kabupaten Bekasi

Menurut Rika, insiden kebakaran di Lapas 1 Tangerang menyebabkan korban tewas sebanyak 44 orang dari data semula diperkirakan 41 napi. Para korban tewas terbakar di dalam sel karena tidak bisa keluar. 
Masih belum pasti penyebab terjadinya insiden kebakaran di Lapas 1 Tangerang.

Halaman:

Editor: Doni Ardon

Tags

Terkini

X