• Minggu, 25 September 2022

Spesialis Pencuri Motor Vespa Berhasil Dibekuk Satreskrim Polres Mempawah

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 22:17 WIB
Satreskrim Polres Mempawah saat gelar Press Release Kasus Pencurian Sepeda Motor Vespa (Foto Dok MITRANEWS.NET)
Satreskrim Polres Mempawah saat gelar Press Release Kasus Pencurian Sepeda Motor Vespa (Foto Dok MITRANEWS.NET)

MITRANEWS.NET - Seorang spesialis pelaku pencurian sepeda motor vespa antik berhasil dibekuk setelah sebulan dilakukan penyelidikan.

Pelaku berinisial RY, ditangkap Tim Jatanras Satreskrim Polres Mempawah jajaran Polda Kalbar berikut beberapa unit vespa antik hasil kejahatannya.

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Kasatreskrim, Iptu Wendi Sulistiono dalam press release yang digelar di Polres Mempawah menjelaskan, tersangka RY merupakan warga Desa Sungai Bakau Besar Laut, Kecamatan Sungai Pinyuh.

Iptu Wendi kepada awak media menjelaskan, sebelum pandemi Covid-19, tersangka RY merupakan seorang mekanik dan juga spesialis kolektor vespa-vespa antik.

"Jadi dulu sebelum pandemi Covid-19, tersangka RY ini merupakan kolektor motor antik khususnya jual beli Vespa. Bahkan pelaku ini biasa melakukan penjualan ke luar pulau, dan pelaku ini benar-benar paham tentang seluk beluk motor Vespa," terang Iptu Wendi Sulistiono saat press release.

Baca Juga: Sebanyak 110 Penyidik dan Penyidik Pembantu di Jajaran Polda Kalbar Ikuti Assesment Uji Kompetensi

Namun setahun terakhir ini ungkap Iptu Wendi, tersangka RY melakukan aksi pencurian motor Vespa yang terparkir di halaman rumah ataupun di sekitar rumah korban.

"Mungkin karena desakan ekonomi, sejak setahun terakhir ini RY melakukan aksi pencurian Vespa. Iya nekat mencuri Vespa yang terparkir dan biasanya memang motor Vespa yang sudah jadul tidak ada lagi kuncinya. Jadi saat dicuri didorong dan langsung hidup motornya, lalu tersangka bawa lari," ungkapnya.

"Motor Vespa tersebut ada yang sudah mau di restorasi, dan bahkan ada bagian barang bukti berupa mesin Vespa yang tersangka jual bahkan ke Jakarta via online," terangnya lagi.

Halaman:

Editor: Didik Purnomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pungli PTSL di Kabupaten Bekasi, Terungkap!

Minggu, 21 Agustus 2022 | 13:30 WIB
X