• Sabtu, 25 September 2021

Tips Menaiki Imun Saat Masa Pandemi, Meminum Kopi Hitam

- Selasa, 7 September 2021 | 21:55 WIB
 (Nurhasanah)
(Nurhasanah)

Banyak cara dilakukan untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi, mulai dari berjemur, minum vitamin, olahraga, hingga mengonsumsi makanan bernutrisi. Tapi satu hal yang tidak diketahui banyak orang, yaitu minum kopi hitam. apa hubungannya?

Manfaat kopi hitam untuk kesehatan sudah sering diungkap dalam berbagai riset. Hal ini lantaran kopi disebut banyak mengandung zat yang mampu melindungi tubuh dari penyakit.

Namun, sekarang ini mulai banyak penelitian terkait kopi dan imunitas terhadap Covid-19 yang dilakukan banyak institusi, khususnya di luar negeri.

Beberapa data dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang minum kopi 3 cangkir sehari lebih kebal terhadap virus Covid-19.

Kopi hitam banyak mengandung polifenol dan fenolik yang berperan dalam imunitas tubuh. Keduanya diketahui memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Baca Juga: Jangan Takut! Ini 3 Tips Bebas Konsumsi Seafood

Kandungan antioksidan dalam kopi hitam membantu memelihara kesehatan jantung dan juga irama detak jantung, sehingga minum kopi hitam rutin dapat mencegah penyakit jantung.

Dilansir dari laman Theraflu, ahli gizi Ashley Reaver mengatakan bahwa kandungan antioksidan dalam kopi membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu memerangi inflamasi. Hal tersebut juga telah dibuktikan dalam riset yang diterbitkan Pharmacology & Therapeutics di tahun 2006.

Tidak hanya itu, kopi hitam juga dapat memberikan energi, menurunkan berat badan, dan meningkatkan fokus. Kandungan kafein yang ada dalam kopi dapat meningkatkan suasana hati, membantu otak bekerja lebih baik, dan meningkatkan stamina selama melakukan olahraga.

Halaman:

Editor: Nurhasanah

Tags

Terkini

Belajar Skateboard Untuk Pemula, Inilah 6 Tipsnya

Selasa, 21 September 2021 | 13:50 WIB

10 Jenis Permainan Lego Untuk Anak

Senin, 20 September 2021 | 21:18 WIB

Pentingkah Mengganti Hp Baru Setiap Tahun?

Senin, 20 September 2021 | 16:42 WIB
X