• Sabtu, 25 September 2021

Ingin memulai Usah dari Nol? Inilah 9 Tips Secara Efektif

- Sabtu, 11 September 2021 | 10:20 WIB
 (Nurhasanah)
(Nurhasanah)

Memulai usaha memang memberikan keuntungan yang besar bagi pelakunya. Namun untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan upaya yang besar pula. Hal ini yang membuat orang-orang sudah mundur dahulu sebelum memulai usaha. Modal yang besar, perjuangan yang tidak mudah, hasil yang tidak menentu dan lain sebagainya menjadi penyebabnya.

Padahal seperti yang diketahui banyak orang, beberapa pemilik usaha yang sudah besar sekarang ini memulai usaha dari tempat yang kecil dengan modal seadanya. Bahkan sebagian besar memulai usaha dari nol. Memang ada beberapa risiko yang akan dihadapi di awal membangun bisnis. Akan tetapi dengan kerja keras, semuanya bisa terbayarkan dengan usaha yang berkembang dan keuntungan yang terus meningkat.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha, jangan merasa takut terlebih dahulu! Lakukan beberapa tips ini untuk membantu upaya Anda yang ingin memulai usaha dari nol.

1. Susun Rencana dan Visi Misi

Setelah menentukan produk, maka persiapkan rencana yang matang serta visi dan misi yang jelas. Ketiga hal ini merupakan kunci sukses sebuah usaha. Dengan menentukan rencana serta visi misi, Anda mempunyai gambaran serta tujuan yang ingin dicapai di masa depan, mulai dari target pasar, rencana pemasaran dan lain sebagainya.

Dengan membuat ketiga hal ini Anda bisa melangkah sesuai jalur dan tetap fokus. Rencana,visi dan misi yang jelas juga akan memudahkan Anda ketika melakukan pinjaman, menemukan investor, dan menilai apakah usaha Anda memungkinkan untuk dimulai dan selanjutnya dikembangkan.

2. Siapkan Modal

Banyak sekali yang takut memulai usaha karena memikirkan modal yang dianggap besar. Padahal tidak semua usaha membutuhkan modal yang besar. Jika Anda mempunyai kesulitan dalam menyiapkan modal, Anda bisa memulai dari usaha kecil-kecilan di rumah atau memanfaatkan media sosial yang gratis untuk melancarkan promosi.

Catat dan hitung secara terperinci apa saja yang bisnis Anda butuhkan dan berapa biayanya. Siasati juga biaya-biaya yang akan digunakan agar lebih hemat. Contohnya jika Anda membutuhkan gerobak. Gerobak yang akan digunakan untuk operasional usaha tidak harus baru. Anda memang perlu bekerja lebih ekstra untuk mendapatkan gerobak bekas yang pas untuk usaha Anda.

Halaman:

Editor: Nurhasanah

Tags

Terkini

Belajar Skateboard Untuk Pemula, Inilah 6 Tipsnya

Selasa, 21 September 2021 | 13:50 WIB

10 Jenis Permainan Lego Untuk Anak

Senin, 20 September 2021 | 21:18 WIB

Pentingkah Mengganti Hp Baru Setiap Tahun?

Senin, 20 September 2021 | 16:42 WIB
X